>         Dari Ibnu Umar ra berkata : “Rasulullah s.a.w. mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau gandum pada budak, orang merdeka, lelaki perempuan, anak kecil dan orang dewasa dari umat Islam dan memerintahkan untuk membayarnya sebelum mereka keluar untuk sholat ‘Ied’ (Muttafaq Alaihi ).

> Besarnya zakat fitrah menurut ukuran sekarang adalah 2,5 kg. Sedangkan makanan yang wajib dikeluarkan yang disebut nash hadits yaitu tepung, terigu, kurma, gandum, zahib (anggur) dan aqith (semacam keju). Untuk daerah/negara yang makanan pokoknya selain 5 makanan di atas, mazhab Maliki dan Syafi’i membolehkan membayar zakat dengan makanan pokok yang lain.

> Menurut madzhab Hanafi pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan membayarkan harganya dari makanan pokok yang di makan.

> Pembayaran zakat menurut hadist nabi dibolehkan dari awal Ramadhan sampai dengan sebelum shalat ied

Barangsiapa yang menunaikan zakat fithri sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827.

Keterangan :

Bagi yang tidak berpuasa Ramadhan karena udzur tertentu yang dibolehkan oleh syaria’t dan mempunyai kewajiban menggantinya di hari lain atau jika tidak mampu karena sudah tua / sedang sakit maka diperbolehkan membayar fidyah, maka pembayaran fidyah sesuai dengan lamanya seseorang tidak berpuasa. Untuk jumlah fidyah yang dibayarkan disesuaikan dengan makanan/konsumsi sehari-hari.

Contoh perhitungannya adalah:

Ibu Aminah seorang yang sudah sepuh sehingga tidak dapat berpuasa baik dibulan Ramadhan ataupun setelahnya sehingga ia wajib membayarkan fidyah sebagai pengganti puasa, ia biasa mengkonsumsi makanan dengan estimasi sejumlah Rp. 50.000,-/hari.  Fidyah yang dibayarkan ibu Aminah adalah sebesar

30 (hari tidak bisa puasa) x Rp. 50.000,- = 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu)

Atau juga bisa dibayarkan dengan makanan pokok seperti beras atau sejenisnya dengan ukuran sama yaitu estimasi konsumsi perhari.

 

Advertisements