(Raih Keshalehan Sosial Dengan Berzakat)

Kebanyak orang hanya beranggapan bahwa zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan.. Anggapan itu benar adanya tetapi dibalik itu ada sisi lain dibalik diwajibkannya zakat dalam ajaran Islam. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk bisa menyeimbangkan dunia dan akhirat, bahkan pepatah mengungkapkan “gengamlah dunia ditanganmu agar kamu bisa melepaskannya sewaktu-waktu dan letakan akhirat di hatimu agar kamu senantiasa ingat terhadapnya” . Sebagaimana juga Do’a didalam Al-Quran yaitu  ” Tuhan kami berikanlah pada kami di Dunia kebaikan dan di Akhirat kebaikan”.

                Lantas bagaimana peran zakat disini?. Sebagaimana di ketahui bahwa perintah atau kewajiban untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah zakat dan selain itu adalah Sunnah seperti Shadaqah, infak dan wakaf kecuali wasiat dan nazar maka itu pun menjadi kewajiban. Sebagaimana firmannya “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (Qs At-Taubah :103)”. Tetapi mari korelasikan dengan perintah puasa yaitu “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Qs Al-Baqarah: 183)”, Akhir dari Ayat ini adalah ” Agar kalian bertaqwa”. Lantas bagaimana cara meraihnya, salah satu jalan yang di tempuh adalah dengan menunaikan kewajiban zakat, sebagaimana firmanNya” Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka (Qs Al-Baqarah 2-3). Pada ayat ini dijelaskan bahwa ketaqwaan tidak hanya didapat dari hanya keshalehan ibadah (Iman kepada yang ghaib, Shalat, Puasa Dll) tetapi juga keshalehan sosial (Zakat, Infak, Sedekah &Wakaf).

                Ayat terakhir menjelaskan bahwa peran zakat pada keseimbangan kehidupan dunia (keshalehan sosial) dan kehidupan akhirat (keshalehan ibadah) untuk bisa meraih ketaqwaan khusunya di bulan Ramadhan ini yang menjadi tujuan dari Puasa Ramadhan.

“Mari Raih Oleh-Oleh Berpuasa Yaitu Ketaqwaan Dengan Berzakat”

Advertisements